Pemdes Baregbeg Gelar Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Kekerasan pada Perempuan dan Anak

BAREGBEG - Pemerintah Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak,  Senin ( 4/3/2024) di aula kantor Desa Baregbeg. Kegiatan  yang diikuti oleh para kader Pos Yandu se Desa Baregbeg tersebut, dibuka secara langsung oleh Kepala Desa Baregbeg, H. Owoy dihadiri Camat Baregbeg, H. Dede Hendara dan Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Ciamis,  Dr. Dian Budiana Kepala Dinas Dinas P3APPKB  Kabupaten Ciamis.

 

Dr. Dian Budiyana menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang ditujukan untuk melindungi perempuan dan anak serta memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya dengan memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis yang ditujukan untuk mencapai kesetaraan gender seperti berkurangnya kasus kekerasan terhadap perempuan, meningkatnya kualitas penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan, berkurangnya kasus kekerasan terhadap anak, serta meningkatnya kualitas layanan perlindungan khusus kepada anak. 

 

" Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami sebagai tindak lanjut dari kebijakan daerah dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis, Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, " Jelasnya.

 

Dr. Dian Budiyana menyampaikan, dampak psikologis kekerasan pada perempuan dan anak kekerasan terhadap perempuan dapat memiliki dampak psikologis yang buruk seperti trauma, reaksi fisik, keinginan bunuh diri, dan berbagai reaksi negatif lainnya dan perlu butuh waktu yang lama untuk memulihkan si korban tersebut, sayangnya kekerasan terhadap perempuan baik secara verbal, seksual, maupun fisik penyembuhannya tak semudah luka akibat cedera bukan hanya fisik, tapi kehidupan psikologisnya.

 

Sementara menurut Kades Baregbeg, H. Owoy sosialisasi dan edukasi pencegahan terhadap perempuan dan anak tersebut dianggarkan dari Dana Desa ( DD) anggaran tahun 2024, melalui kegiatan pemberdayaan.

Share Berita